Tuesday 18 October 2016

Mengapa Salju Berwarna Putih sedangkan Es Batu Tidak berwarna (Bening)

Mengapa Salju Berwarna Putih Tapi ES/Es Batu Tidak Berwarna atau Bening???


Apakah kalian pernah bertanya mengapa salju berwarna putih, sedangkan Es setiap hari kita gunakan untuk membuat teh manis brwarna bening, padahal keduanya sama-sama terbuat dari air. Air dan es tidak berwarna (bening), karena air atau es tidak menyerap cahaya.


Cahaya yang masuk ke dalam es akan diteruskan setelah mengalami pembiasan. Sedangkan salju, walaupun sama berasal dari air, tidak dapat meneruskan cahaya. Hal itu terjadi karena salju tersusun dari kristal-kristal es. Ketika cahaya putih matahari datang pada salju, dihamburkan kembali oleh jutaan kristal es dan kantong-kantong udara yang terperangkap di dalamnya. Cahaya tersebut akan dipantulkan kembali dan hanya sedikit yang diserap. Akibatnya salju akan memancarkan kembali seluruh cahaya warna tersebut sehingga akan terlihat berwarna putih.


Intinya sih ketika proses pembentukannya, ketika kita bikin Es Batu prosesnya sangat sedikit terkena cahaya. ada juga kan es batu yang ada warna putih-putihnya, biasanya es balok. nah itu biasanya pada proses pembuatannya ada cukup cahaya yang masuk sehingga di serap orang si es itu guys,,

nah sekarang udah tau kan kenapa salju berwarna putih sedangkan ES batu tidak berwarna (Bening).

semoga artikel ini menambah pengetahuan lagi ya guys :)

0 comments

Post a Comment